surat elektronik

Seiring perkembangan jaman, sudah tidak terhitung teknologi-teknologi yang tiap detiknya selalu ditemukan. Sudah barang tentu, hasilnya semakin memanjakan manusia dalam melakukan aktifitas kesehariannya. Dari ditemukannya era lampu, era televisi, era telekomunikasi seluler, dan era internet sekarang ini.

Pesatnya dunia internet dirasa sangat terlihat di Indonesia, dimulai sejak kemunculan jejaring sosial (social networking). Didahului dengan munculnya Friendster, kemudian ramai-raminya facebook, dan twitter dan akhirnya bermunculan jejaring sosial yang lainnya. Yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama keep in touch dengan koneksinya (kerabat) masing-masing.

Tapi taukah anda, bahwa dalam persyaratan untuk membuat segala sesuatu yang ada di internet, user diharuskan untuk memiliki sebuah akun surat elektronik. Selain sebagai tempat untuk pemberitahuan, beberapa pelayanan internet menempatkan surat elektronik untuk kepentingan aktivasi dalam penggunaan layanan internet tersebut. Lalu, apakah yang di maksud dengan surat elektronik..???

Bila anda membaca judul ini, pasti anda akan bertanya-tanya tentang apakah artikel ini. Surat elektronik, adalah sesuatu yang cukup asing bagi kita, bagi para pengguna internet Indonesia khususnya. Sebenarnya surat elektonik itu merupakan perubahan bahasa baku indonesia untuk email (electronic mail). Dan itu seharusnya sudah digunakan secara umum di Indonesia. Namun karena beberapa pelayanan di internet masih menggunakan bahasa baku “English” penggunaan kata “email”-lah masih sering digunakan.

Sejarah
Sur-el atau email, sudah diperkenalkan pertama kali pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi. (wikipedia)

Anatomi Sur-el, sebagai contoh:
laksonoadi@tegalcyber.org
Keterangan:
• laksonoadi: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
• tegalcyber.org: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
? tegalcyber: nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan (tegalcyber)
? org: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain (org->organization)

Dengan penggunaan sur-el, manusia bisa mempersingkat komunikasi antar manusia. karena pengiriman sur-el, hanya membutuhkan waktu cukup singkat. Pada saat kita mengirim, beberapa detik kemudian, rekan kita yang berposisi sejauh apa pun, -selama masih terhubung internet- akan segera menerima sur-el yang kita kirimkan, tanpa harus menunggu berhari-hari seperti halnya menggunakan POS.

Beberapa layanan surat elektronik yang ada, dan sering digunakan antara lain : yahoo.com, gmail.com, hotmail.com, plasa.com dan lain sebagainya. website pribadi/publik untuk saat ini sudab bisa membuat layanan surat elektronik dengan versi mereka sendiri. seperti contoh sebelumnya, laksonoadi@tegalcyber.org.

Dari layanan-layanan sur-el gratis tadi, beberapa layanan memberikan fasilitas-fasilitas yang memang dibutuhan oleh para pengguna. Misalkan dari beberapa layanan, misal Yahoo, Gmail dan Hotmail, akun yang dibuat bisa sekaligus digunakan untuk IM (Instant Messenger). Yahoo dengan Yahoo messenger-nya, gmail dengan Gtalk nya dan hotmail dengan MSN nya. Untuk yahoo pun akun nya bisa digunakan dibeberapa fasilitas yang ada dari Yahoo. Misal groups, flickr(web foto sharing), video, dir, dsb.
Gmail pun tak kalah dengan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan. Selain untuk IM dan sur-el, bisa digunakan untuk grups, picassa(web foto sharing), blog (blogspot), video (youtube) dan masih banyak yang lainnya.

Dengan banyaknya fasilitas-fasilitas yang ada, tidak salah jika terkadang ada user yang memiliki beberapa akun sur-el, untuk disesuaikan dengan kebutuhannya. Dari bloging, sampai dengan menyimpan data. Namun akan lebih baik jika bisa memanfaatkan akun sesuai kebutuhan saja. Karena jika kita membuat akun di layanan gratis tadi, dan sur-el tak pernah di jamah selama 4 bulan lebih, maka akun sur-el anda akan dinon-aktifkan.

Jadi, apakah anda sudah menggunakan surat elektronik anda dengan maksimal? ataukah baru hanya sebatas punya?