menambah ubuntu pada grub fedora 15

oke langsung aja.. kasus yang dialami sbb : ketika nginstall fedora di komputer yang udah ada windows7 dan ubuntu, ternyata grub dari fedora nggak mau bersahabat dengan ubuntu nya. kebetulan ubuntu 10.10 yang udah pake grub 2.0 dan fedoranya masih pake yang grub <2. yang pertama di lakukan saya adalah mencari data di mana letak partisi linux nya : #fdsik -l

fdisk -l
fdisk -l

di gambar terlihat kalo partisi /dev/sda9 itu punya fedora dan /dev/sda6 yang punya ubuntu. terus ini nih script menu.lst dari grub fedora :

# grub.conf generated by anaconda
#
# Note that you do not have to rerun grub after making changes to this file
# NOTICE:  You do not have a /boot partition.  This means that
#          all kernel and initrd paths are relative to /, eg.
#          root (hd0,8)
#          kernel /boot/vmlinuz-version ro root=/dev/sda9
#          initrd /boot/initrd-[generic-]version.img
#boot=/dev/sda
default=0
timeout=5
splashimage=(hd0,8)/boot/grub/splash.xpm.gz
hiddenmenu
title Fedora (2.6.38.6-27.fc15.i686)
root (hd0,8)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.38.6-27.fc15.i686 ro root=UUID=eb781a65-e64a-480c-8cbf-6339881a4f9a rd_NO_LUKS rd_NO_LVM rd_NO_MD rd_NO_DM LANG=en_US.UTF-8 SYSFONT=latarcyrheb-sun16 KEYTABLE=us rhgb quiet
initrd /boot/initramfs-2.6.38.6-27.fc15.i686.img
title Fedora (2.6.38.6-26.rc1.fc15.i686)
root (hd0,8)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.38.6-26.rc1.fc15.i686 ro root=UUID=eb781a65-e64a-480c-8cbf-6339881a4f9a rd_NO_LUKS rd_NO_LVM rd_NO_MD rd_NO_DM LANG=en_US.UTF-8 SYSFONT=latarcyrheb-sun16 KEYTABLE=us rhgb quiet
initrd /boot/initramfs-2.6.38.6-26.rc1.fc15.i686.img

title Other
rootnoverify (hd0,0)
chainloader +1

disitu ngga ada keterangan Ubuntu sama sekali.. trus setelah browsing kemana2 ternyata ada sebuah forum, menyarankan untuk membuat secara manual di menu.lst nya. menambahkan baris kayak berikut

title Ubuntu
root (hd0,6)
kernel   /boot/vmlinuz-2.6.32-25-generic root=UUID=bd9e9e70-5b02-437b-b277-8ffc0f30fbcd ro quiet splash
initrd  /boot/initrd.img-2.6.32-25-generic
boot

dan saya coba, dengan melihat kembali ke gambar di atas,, (posisi ubuntu dimana) okeh, posisi ubuntu ada di /dev/sda6 maka untuk root (hda,6) kita ganti menjadi (hd0,5) karena perhitungan di grub <2 mulai hitung dari 0 bukan dari 1 seperti pada grub 2.. untuk baris kernel dan initrd saya lihat dari setingan grub.cfg dari partisi ubuntu pertama mount partisi ubuntunya ke /mnt #mount /dev/sda6 /mnt #cat /mnt/boot/grub/grub.cfg lihat pada bagian berikut

### BEGIN /etc/grub.d/10_linux ###
menuentry 'Ubuntu, with Linux 2.6.35-28-generic' --class ubuntu --class gnu-linux --class gnu --class os {
recordfail
insmod part_msdos
insmod ext2
set root='(hd0,msdos6)'
search --no-floppy --fs-uuid --set f88c2925-0039-4708-a51e-712ab4a1bd76
linux    /boot/vmlinuz-2.6.35-28-generic root=UUID=f88c2925-0039-4708-a51e-712ab4a1bd76 ro   quiet splash
initrd    /boot/initrd.img-2.6.35-28-generic

baris itu di taruh di menu.lst yang tadi, dan linux diganti kernel jadi nanti menu lst akan seperti ini

# grub.conf generated by anaconda
#
# Note that you do not have to rerun grub after making changes to this file
# NOTICE:  You do not have a /boot partition.  This means that
#          all kernel and initrd paths are relative to /, eg.
#          root (hd0,8)
#          kernel /boot/vmlinuz-version ro root=/dev/sda9
#          initrd /boot/initrd-[generic-]version.img
#boot=/dev/sda
default=0
timeout=5
splashimage=(hd0,8)/boot/grub/splash.xpm.gz
hiddenmenu
title Fedora (2.6.38.6-27.fc15.i686)
root (hd0,8)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.38.6-27.fc15.i686 ro root=UUID=eb781a65-e64a-480c-8cbf-6339881a4f9a rd_NO_LUKS rd_NO_LVM rd_NO_MD rd_NO_DM LANG=en_US.UTF-8 SYSFONT=latarcyrheb-sun16 KEYTABLE=us rhgb quiet
initrd /boot/initramfs-2.6.38.6-27.fc15.i686.img
title Fedora (2.6.38.6-26.rc1.fc15.i686)
root (hd0,8)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.38.6-26.rc1.fc15.i686 ro root=UUID=eb781a65-e64a-480c-8cbf-6339881a4f9a rd_NO_LUKS rd_NO_LVM rd_NO_MD rd_NO_DM LANG=en_US.UTF-8 SYSFONT=latarcyrheb-sun16 KEYTABLE=us rhgb quiet
initrd /boot/initramfs-2.6.38.6-26.rc1.fc15.i686.img
title ubuntu
 root (hd0,5)
 kernel /boot/vmlinuz-2.6.35-28-generic root=UUID=f88c2925-0039-4708-a51e-712ab4a1bd76 ro quiet splash
 initrd /boot/initrd.img-2.6.35-28-generic 

title Other
rootnoverify (hd0,0)
chainloader +1

restart komputer anda,, dan coba booting kembali :D

sumber : ksl.akprind.ac.id